Uji Pribadi Bertakwa & Berkarakter di Bulan Puasa

Uji Pribadi Berkarakter di Bulan Puasa
Siswa sedang mengerjakan soal B. Arab
Bulan ramadhan di dalamnya terdapat kewajiban berpuasa atas orang Islam, kewajiban ini adalah mutlak dalam artian tidak bisa ditawar-tawar ketika firman Allah sudah tertulis, yakni surat al-Baqarah ayat 183 yang intinya adalah kewajiban berpuasa dan dengan berpuasa akan membentuk pribadi yang takwa.

Setiap ibadah yang dilaksanakan oleh umat Islam mendapatkan pahala dari Allah baik 10 kebaikan bahkan sampai 700 kali lipatnya. Meminjam kata Zimmi Arbash, S.Pd.I bahwa...puasa ini merupakan salah satu ibadah yang khos (mahdoh) dan ganjaran puasa untuku dan aku yang akan membalasnya, kata Allah dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori No. 1904, dari jalan Abu Hurairoh.

Hadits tersebut mengisyaratkan bahwa dengan berpuasa akan membentuk pribadi yang berkarakter, sehingga Allah meng-spesialkan dan merahasiakan atas ganjaran orang berpuasa karena-Nya.

Nah...kebetulan banget bahwa tahun ini penialaian akhir tahun (PAT) memasuki bulan suci ramadhan, yang kata di atas tadi membentuk pribadi yang takwa dan berkarakter, yakni karakter sabar dan jujur.

Pertama, Sabar menahan makan dan minum, sabar menahan pendengaran, penglihatan, dan hati dari perbuatan dusta dan yang dilarang. Dan termasuk sabar ketika siswa SMA Muhata sedang melaksanakan ujian karena menahan lapar, dahaga, serta pikiran yang terkuras karena berpikir.

Kedua, jujur merupakan kunci keselamatan, tak ada rasa cemas dan was was dalam hati manusia yang jujur, tapi hati tenang karena tindakannya adalah jujur. Saya harap bulan puasa ini sebagai ujian kejujuran bagi siapa saja yang berpuasa, salah satunya adalah siswa SMA Muhata yang sedang melaksanakan ujian penilaian akhir tahun (PAT). Mudah-mudahan dimudahkan dan hasilnya maksimal. Aamiin.


Comments

Popular posts from this blog

Akun Facebook SMA Muhata Ganti, Silahkan Add !

Fisika: Kelas XII IPA 1 Praktikum Hukum Archimedes